Pekan Depan Demokrat Sulsel Serahkan Nama-nama Cakada ke DPP

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan akan menyerahkan nama-nama bakal calon kepala daerah (Cakada) ke DPP. Usai proses penjaringan fit and proper test berakhir pada Ahad 2 Juni 2024 pekan ini.

Diketahui, sejak fit and proper test dilakukan pada Rabu 22 hingga Jumat 31 Mei, jumlah cakada yang mengikuti fit and proper test sebanyak 104 orang.

Di hari ini, Jumat 31 Mei diikuti dua bakal calon kepala daerah yang ikut fit and proper test di Hotel Claro. Yaitu calon inkumben Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan calon Wali Kota Makassar Andi Seto Asapa.

Ketua Demokrat Sulawesi Selatan, Ni’matullah mengatakan, total cakada yang mengikuti fit and proper test di partainya sebanyak 114 orang yang tersebar di 24 kabupaten/kota.

Dengan rincian 102 pada Kamis 30 Mei kemarin. Kemudian hari ini dua orang lalu pada pada 2 Juni pekan ini sebanyak 10 orang.

“Saya mengapresiasi banyak nya bakal calon kepala daerah yang ikut mendaftar di partai kami. Artinya Partai Demokrat masih diperhitungkan dalam setiap perhelatan politik,”ujar Ni’matullah kepada wartawan Jumat 31 Mei 2024.

“Setelah tes ini, kami akan lakukan rapat khusus. Tim moderator buat risalah. Ahad depan ke Jakarta membawa nama-namanya. Dan tiap daerah minimal tiga nama,”katanya.

“Kemudian mereka diberi surat tugas lalu akhir bulan Juni diberi tiket untuk maju. Tentu mereka sudah harus memiliki pasangan dan siapa partai koalisnya,”lanjut dia.

Ni’matullah menambahkan, partainya mengedepankan keputusan bersama terkait siapa didukung di Pilkada. Makanya partai membentuk tim risalah dalam memutuskan siapa calon yang diberi surat tugas.

Sementara Kepala Badan Komunikasi Starategis Partai Demokrat Sulawesi Selatan, Ami Ibrahim menyampaikan, fit and proper test dilanjutkan pada 2 Juni 2024.Sebab ada belasan calon yang belum ikut dalam proses ini dengan berbagai halangan.

“Kami akan lanjutkan 2 Juni. Padahal pada hari ini (Jumat) semestinya kita akhiri tetapi mendadak dua cakada minta di tes,”jelasnya.

Comment