Maju di Pilkada Bone, Andi Rio: Biarlah Partai Demokrat Sendiri yang Menilai Saya

MAKASSAR,DJOURNALIST.com — Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Andi Rio Idris Padjalangi akan bertarung di Pilkada Bone 2024 ini.

Dia telah mendaftar di delapan partai politik diantaranya Demokrat, NasDem, PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, PKB, Hanura, PPP. Pastinya juga termasuk Golkar.

Butuh sembilan kursi untuk bisa maju di Pilkada Bone. Tak ada satupun parpol yang bisa mengusung sendiri tanpa koalisi di Bone.

Begitu pun dengan Golkar yang hanya meraih enam kursi di Pileg 2024. Sehingga dia masih membutuhkan tiga kursi untuk bertarung di Pilkada Bone.

Olehnya itu, keponakan Mantan Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi ini telah mengikuti fit and proper test di Partai Demokrat, di Hotel Claro Makassar, Abad malam, 2 Juni 2024.

Demokrat sendiri memiliki empat kursi di Bone. Jika, Golkar dan Demokrat berkoalisi, maka total kursi sepuluh.

“Demokrat dapat empat, Golkar enam. Lebih satu kursi. Biarlah partai demokrat sendiri yang menilai saya. Demokrat pasti sudah memiliki penilaian terhadap saya,” kata Andi Rio usai mengikuti fit and proper test di Demokrat.

Diketahui, DPP Golkar hanya memberikan satu surat rekomendasi kepada kadernya di Bone setelah keluar hasil survei.

“Golkar ini di Bone hanya saya. Diberikan tugas untuk bersosialisasi. Membangun komunikasi ke partai lain. karena di Bone hanya enam kursi Golkar. Tinggal mencari tiga kursi. Tidak ada parpol di Bone bisa mengusung sendiri,” ungkapnya.

Sebagai keluarga petahana, secara geopolitik, Andi Rio bisa memasuki basis suara semua wilayah di Bone.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan survey untuk mencari figur pasangan. Sejauh ini ada enam figur yang dipertimbangkan. Hanya saja dia enggan membeberkannya lebih jauh.

“Kalangan mana saja boleh wakil. Ada sekitar enam kami survei. Kami mensurvei untuk pasangan. Tanggal 5 Juni akan muncul persentase di DPP. Survei pribadi dan partai,” jelasnya.

Lebih jauh dia berharap agar penyelenggara bisa menyelenggarakan pilkada dengan baik.

“Saya ingin pilkada Bone ini dari segi penyelenggara mudah-mudahan kasus kemarin bisa diambil pengalaman. Jadi mudah-mudahan dari situ betul-betul bebas. Karena pengalaman kemarin, jangan saling mencurigai. Tidak ada orang lain di Bone, semua keluarga,” tuturnya.

“Mari berpolitik riang gembira, sesuai tagline sipakario, saling membahagiakan,” tandasnya.

Comment