Starategi KPU Tingkatkan Partisipasi di Pilgub Sulsel, Gaek Talent Selfi Yamma

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Partisipasi menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan pemilu maupun pemilihan. Oleh karena itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) begitu konsen pada upaya menjaga tingkat partisipasi ini agar meningkat dari waktu ke waktu.

Sejumlah program pun disiapkan KPU untuk meningkatkan partisipasi, terutama menjelang Pilkada 2024 yang bakal digelar pada bulan November mendatang. Salah satu caranya adalah menggaek talent Selfi Yamma.

Ketua KPU Sulawesi Selatan, Hasbullah berharap hadirnya Selfi Yamma yang merupakan artis liga dangdut (Lida) dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Pilgub Sulawesi Selatan dari hasil Pemilu 2024 kemarin yang mencapai 80 persen partisipasi pemilih.

“Kami harapkan seperti itu. Sasaran kami pemilih pemula yang mencapai angka 52 persen,”ujar Hasbullah dalam konfrensi pers Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubermur Sulsel Tahun 2024 di Kantor KPU Sulsel, Sabtu 18 Mei 2024.

Dalam peluncuran Pemilihan Gubernur itu Selfi akan memperkenalkan maskot, jinggel, dan tagline KPU di masyarakat.

“Maskot yang diperkenalkan adalah To Lempuq artinya orang jujur sedangkan tagline adalah ‘Pilkada Kita’,”katanya.

Sementara Anggota KPU Sulawesi Selatan Divisi Kordiv Sosialisasi Pemilih, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Hasruddin menambahkan alasan memilih Selfi karena

keinginan masyatakat. Itu diketahui setelah melakukan survei kecil-kecilan. Ternyata 87 responden menginginkan Selfi.

“Sasaran kita pemilih pemula. Setelah dilakukan survei kecil-kecilan untuk talent ternyata 87 responden menginginkan Selfi,”ucapnya.

Adapun Selfi mengapresiasi karena dirinya didapuk menjadi bintang tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab ini merupakan yang kedua kalinya. Pertama di Kalimantan Utara dan sekarang di Sulawesi Selatan.

“Ini kedua kali nya bisa dipercaya oleh KPU untuk menjadi pengisi acara. Rencananya saya akan bawakan delapan lagu pada kegiatan peluncuran Pemilihan Gubernur malam ini di Lego-Lego kawasan CPI,”jelasnya.

Comment