Utamakan Kader, Gerindra Belum Pasti Mengusung Andi Sudirman Sulaiman di Pilgub Sulsel

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Gerindra menyatakan belum pasti mengusung Andi Sudirman Sulaiman (ASS) di pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel). Gerindra memprioritaskan kader sebelum mempertimbangkan figur eksternal.

Diketahui mantan gubernur Sulsel ASS punya kedekatan dengan Gerindra usai kemanakannya Andi Amar Ma’ruf Sulaiman maju caleg lewat Gerindra. Begitu pula kakaknya yang juga Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dekat dengan Ketua Umum Gerindra dan presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Saya pikir kalau permasalahan (ASS) maju itu tidak bisa kita halangi hak konstitusionalnya orang kan, itu hak konstitusionalnya. Tapi kalau untuk Gerindra sendiri memprioritaskan kader, dari Pilkada lalu Gerindra memprioritaskan kader,” ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Gerindra Sulsel, Harmansyah kepada awak media Selasa 26 Maret 2024.

Harmansyah menyebut Gerindra akan menjaring kader internal terlebih dahulu. Gerindra baru akan mempertimbangkan figur eksternal setelah tidak ada kader potensial yang berniat maju Pilkada.

“Kalau memang kader tidak ada yang mau maju, jadi penjaringan awalnya penjaringan kader potensial dulu. Kalau kemudian kader itu tidak berminat untuk maju baru kemudian kami melirik ke calon eksternal,” bebernya.

Sejauh ini, kata Harmansyah, Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dianggap potensial untuk maju sebagai calon gubernur Sulsel. AIA punya kans setelah melenggang ke senayan untuk ketiga kalinya.

“Sedangkan di Gerindra sendiri, kami menganggap ketua DPD kami, Pak Iwan Aras yang sudah hattrick di Pileg ini dan mampu memimpin Gerindra dengan penambahan capaian dibanding periode lalu kami nilai sangat potensial untuk kami usung,” jelas Harmansyah.

Makanya, Gerindra sampai saat ini belum melirik kader eksternal untuk diusung. Keputusan penuh akan diserahkan ke AIA apakah akan maju di Pilgub atau tidak.

“Jadi kami tidak ingin berbicara terkait kader eksternal dulu karena kami prioritaskan kader internal yakni Pak Iwan Aras, saya selaku ketua Bappilu sebagai formulasi awal menawarkan ke ketua DPD dulu, seperti apa keinginan beliau, seperti apa komunikasi politiknya, nanti kita lihat setelah lebaran,” katanya.

Hingga saat ini, kata Harmansyah, Gerindra belum ada persiapan menyongsong Pilkada Serentak 2024. Pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari DPP Gerindra.

“Kami belum ada arahan dari pimpinan, mungkin after Ramadan artinya ini kan bru penetapan dan masih ada proses pilpres, ada MK dan sebagainya. Saya pikir nanti selesai itu semua, jadi nanti setelah lebaran mungkin baru ada dikeluarkan aturan teknis soal Pilkada,” jelasnya.

Comment