Pemilu 2024, PDIP Sulsel Raih 6 Kursi di Provinsi

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih enam kursi di DPRD Sulawesi Selatan pada Pemilu 2024. Capaian itu jauh dari harapan, pasalnya hasil Pemilu 2019 lalu partai besutan Megawati Soekarno Putri meraih delapan kursi.

Informasi yang dihimpun Djournalist.com, Dapil Sulsel 1 (Makassar A) memperebutkan 9 kursi yang meliputi 11 kecamatan di Makassar, yakni Mariso, Mamajang, Makassar, Ujung Pandang, Wajo, Kecamatan Bontoala, Tallo, Ujung Tanah, Kecamatan Tamalate, Kecamatan Rappocini, Kepulauan Sangkarrang. PDI Perjuangan meraih satu kursi atas nama dr Fadli Ananda.

Kemudian, di Dapil Sulsel 3 memperebutkan 9 kursi meliputi 2 kabupaten yakni Gowa dan Takalar. Di dapil itu PDIP meraih satu kursi atas nama Zaenal Bate.

Di Dapil Sulsel 4 berebut 7 kursi meliputi 3 kabupaten yakni Bantaeng, Jeneponto Kepulauan Selayar. Caleg PDIP yang berhasil terpilih adalah Alimuddin.

Sedangkan di Dapil Sulsel 6, PDIP berhasil meraih satu kursi atas nama Rahmat Muhayyang.

Dapil ini memperebutkan 9 kursi meliputi 4 kabupaten/kota yakni Maros, Pangkep, Barru dan Parepare.

Selanjutnya di Dapil Sulsel 7, PDIP meraih satu kursi atas nama Andi Putra Batara.Dapil ini memperebutkan 7 kursi yang hanya meliputi Kabupaten Bone. Sementara

Terakhir, PDIP meraih satu kursi di Dapil Sulsel 11 atas nama Ezra Lamban. Dapil ini memperebutkan 11 kursi meliputi 4 kabupaten/kota di Luwu Raya yakni Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo.

“Risfayanti Muin Makassar B kemudian Pak Dan Pongtasik di Dapil Sulsel 10 masih dalam progres,”ujar salah seorang pengurus PDIP Sulsel yang namanya tidak ingin disebut, Jumat 8 Maret 2024.

Dapil Sulsel 2 atau Makassar B meliputi Kecamatan Panakkukang, Biringkanaya, Manggala, dan Tamalanrea. Dapil ini memperebutkan 6 kursi

Sedangkan Dapil Sulsel 10 berebut 5 kursi meliputi Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Adapun Politisi PDIP Sulsel yang juga caleg Dapil Sulsel 10, Dan Pongtasik dikonfirmasi terkait hasil Pileg menolak berkomentar lebih jauh. Pasalnya, dia disebut-sebut gagal di pemilihan kali ini. Setelah lima kali terpilih di Pemilu.

“Nantilah,”katanya singkat.

Comment