Tekan Angka Stunting di Torut, Kalfin Paparkan Aplikasi SITUNDUAN Depan Forkopimda

TORAJA UTARA,DJOURNALIST.com – Bacaleg DPRD Sulawesi Selatan dari Partai Perindo, Kalfin Allotodang menjadi tamu istimewa di Kabupaten Toraja Utara. Pasalnya, ia didapuk memaparkan program Sikamasean dan aplikasi Sistem Informasi Stunting Berbasis Kelurahan Dan Desa atau Situnduan di depan forkopimda pada Senin 26 Juni 2023.

Kalfin mengatakan, tujuan aplikasi ini di luncurkan untuk membantu mengolah data stunting, monitoring data, dan menyebar informasi seputar stunting. Baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat yang ingin mengakses informasi seputar perkembangan stunting di Toraja Utara.

“Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat harus bisa saling mengontrol dan mengingatkan atas penanganan stunting di Toraja Utara,”ujar Kalfin.

Cara kerja dari aplikasi ini, sangatlah mudah. Di mulai dari data stunting dilaporkan dari masing-masing kelurahan/desa. Kemudian, dilakukan verifikasi oleh

puskesmas dan dinas kesehatan. Lalu, data yang diinput disajikan di aplikasi.

“Aplikasi menyediakan menu informasi edukasi ke masyarakat.Masyarakat dapat memberi donasi atau menjadi bapa asuh melalui pendaftaran di aplikasi,”ucapnya.

Lanjut Kalfin, dengan adanya aplikasi ini, dia berharap kepada seluruh stakholder agar benar-benar serius dalam berkolaborasi memperhatikan penurunan stunting di Toraja Utara.

Kegiatan ini digelar diruang pola kantor Bupati Toraja Utara yang dihadiri oleh Bupati Torut, Wakil Bupati, Kepala OPD, Camat, Kapolres, Dandim, dan Direktur utama PT. Liny Jaya Informatika sebagai mitra pemerintah dalam pembuatan aplikasi.

Comment