PPP Sulsel Sudah Siapkan Strategi Sistem Pemilu Tertutup

MAKASSAR,DJOURNALIST.com  —  Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel, Imam Fauzan Amri Uskara mengatakan, partainya siap jika Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan Pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka atau mengubahnya menjadi tertutup. Apalagi partai yang telah berusia 50 tahun telah pernah mengikuti dua sistem pemilu tersebut.

“Apapun keputusan MK, kami di PPP Sulsel sangat siap. Mau terbuka atau diubah menjadi tertutup, tidak ada masalah. Kalau nantinya diputuskan tertutup, malah kami lebih diuntungkan di Sulsel,” kata Imam di Media Center DPRD Sulsel, Selasa 4 April 2023.

PPP sudah memiliki strategi yang matang dalam menghadapi Pemilu 2024 sistem proporsional tertutup. Dan, daftar bakal caleg relatif sudah terisi di seluruh daerah pemilihan. Di mana para caleg juga siap bertarung di sistem proporsional terbuka.

“Komposisi baka caleg kami aman, tidak ada masalah. Malahan banyak tokoh yang bergabung. Saya pun pastikan, nyaleg di PPP itu tidak ada yang dirugikan. Apakah itu sistem pemilu terbuka ataupun tertutup. Kami punya strategi. Makanya, nyaleg di PPP,” sebut Imam.

Diketahui, PPP kedatangan sejumlah tokoh berpengaruh. Terbaru, mantan Bupati Kabupaten Maros dua periode, Hatta Rahman yang memutuskan meninggalkan Partai Amanat Nasional (PAN) dan hengkang ke PPP.

“Insya Allah Pak Hatta Rahman akan membesarkan PPP, terkhusus di Kabupaten Maros. Insya Allah beliau maju di Dapil II untuk DPR RI,” sebut Imam lagi.
Bergabungnya Hatta Rahman ini diyakini akan mampu membantu PPP menambah kursi keterwakilannya di pusat. Hatta dinilai memiliki basis massa yang cukup besar di Maros, sebab pernah menjabat dua periode Bupati Maros, 2010-2021.

Bahkan sebelum merapat ke PPP, Hatta juga digadang-gadang masuk bursa caleg DPR RI melalui partai PKB hingga PDI Perjuangan.

Sebelumnya, mantan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen (purn) Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki (Panglima Ta’) juga bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Bergabungnya Panglima Ta’ ditandai dengan pemasangan jaket hijau oleh Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, di acara jalan sehat hari lahir (harlah) ke-50 PPP, di Malino, Kabupaten Gowa, pada Februari lalu. Panglima Ta’ sendiri merupakan salah satu figur kandidat calon Gubernur Sulawesi Selatan 2024 mendatang.

Comment