Bulukumba, Parepare, dan Kota Palopo Akan Menjadi Lokasi Debat Kandidat Pilgub Sulsel

Oplus_0

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Pemilihan Kepala Daerah serentak akan dilaksanakan di sejumlah daerah termasuk di Sulsel. Sebagai penyelenggara, KPU Sulsel berupaya agar pesta lima tahunan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses.

KPU Sulsel berupaya masyarakat betul-betul merasakan manfaat pesta pemilihan kepala daerah. Oleh karena itu debat kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati di 24 Kabupaten/Kota bakal digelar di daerah masing-masing.

“Tentang debat bahwa KPU Sulsel mendesain debat itu menggunakan desain tehnis kedaerahan, artinya dikembalikan ke daerah masing-masing. 24 kabupaten/kota ini menggelar debat di masing-masing kabupaten/kotanya,” kata Hasruddin Husain, Anggota KPU Sulsel Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat pada Senin 8 Juli 2024.

Dikatakan, KPU Sulsel mendesain debat menggunakan desain teknis kedaerahan agar masyarakat di masing-masing daerah menyaksikan dan mengetahui isi debat para calon kepala daerah. Debat nantinya bisa menyasar isu-isu strategis ke dalam materi debat.

“Kita mau semua masyarakat bisa menyaksikan proses debat,” tambahnya.

Sementara untuk debat kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur rencana digelar di tiga daerah berbeda pada bulan Oktober dan November. Posisi tiga daerah itu dianggap strategis untuk dilaksanakan debat.

“Untuk KPU Sulsel debat itu bukan hanya tentang Kota Makasar, tapi ada daerah lain sementara kami desain. Ada tiga daerah yang betul-betul bisa menjadi representasi 24 Kabupaten/Kota. Pertama Bulukumba, Palopo dan Parepare yang merupakan titik tengah,” bebernya.

Demi kelancaran dan kemanan tahapan Pilkada, pihak KPU tentunya akan berkoordinasi dengan aparat keamanan. Baik untuk tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Kita berharap dengan pola terintegrasi Sulsel dengan kabupaten/kota, debat ini juga harus terintegrasi satu sama lain. Tidak boleh saling tumpang tindih,” sebutnya.

Comment