Danny Pomanto Sebut PSI Memiliki Posisi Strategis di Pemerintahan Presiden Jokowi

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengincar dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel). Danny blak-blakan sudah teleponan dengan Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pangarep yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu diungkapkan Danny usai mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal calon gubernur (cagub) ke pengurus DPW PSI Sulsel, di Hotel Aryaduta, Makassar, Kamis 13 Juni 2024. Danny mengaku sejak awal dirinya berkomitmen mencari dukungan dari semua partai yang membuka pendaftaran seleksi bakal cagub.

“PSI ini partai yang saya tahu betul, nilai-nilai perjuangannya, landasan berjuangnya dan orang-orangnya sejak awal. Dan pada saat PSI membuka diri untuk kami bisa ikut serta di dalam meminta dukungan PSI,” ujar Danny kepada wartawan.

Meski PSI tak bisa mengusung karena nihil kursi di DPRD Sulsel, Danny mengaku tetap butuh dukungan PSI.Danny mengaku butuh dukungan PSI sebagai representasi partai anak muda.

“Bukan persoalan kursi, politik itu…kursi hanya salah satu faktor, fakor lain adalah dukungan. Karena PSI saya kira cukup berhasil menjadi partai anak muda, partai yang mengusung cara berfikir muda, ada kritisnya, kemudian produktif. Sedangkan hari ini voters, milenial dan zilenial itu 50%, jadi bukan persoalan kursi, tapi persoalan dukungan,” jelasnya.

Selain itu, Danny menyebut dekat dengan pengurus DPW PSI Sulsel dan DPP PSI sejak lama. Dia meyakini PSI akan terus berkembang kedepan.

“Bagi kami bukan hanya partai secara formal, persahabatan saya dengan beliau-beliu (pengurus PSI) di sini, juga di Jakarta, dari dulu, bukan teman baru tapi teman lama. Sehingga saya kira politik itukan berkembang dan saya pastikan PSI juga akan berkembang,” ujarnya.

Dia tak memungkiri PSI memiliki posisi strategis di pemerintahan Presiden Jokowi. Sementara, seorang gubernur bagi Danny adalah representasi dari pemerintah pusat.

“Gubernur itu adalah perpanjangan pemerintah pusat di daerah. Maka dukungan pusat menjadi sangat strategis. Saya kira positioning PSI sangat sentris di sini. Saya kira itu hal wajar saja kalau berharap representasi pemerintahan hari ini itu ada juga di PSI,” jelasnya.

Dia juga membeberkan jika beberapa lalu sudah teleponan dengan Kaesang sebelum resmi mendaftar di PSI. Danny mengaku mengajak Kaesang untuk jalan-jalan ke Makassar.

“Kami saling menyapa, saya bilang kapan bisa main-main ke Makassar pak ketum, dia bilang insyaallah kalau pak wali kampanye, main-main,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Sulsel Muhammad Surya menyanjung Danny atas keseriusannya maju di Pilgub Sulsel. Dia optimis Danny berpeluang besar memenangkan Pilgub Sulsel.

“Terima kasih sudah membawa surat formulir pendaftaran bakal calon karena itu sebagai persyaratan untuk didukung. Ini artinya beliau sudah menggambarkan akan maju dan siapapun yang bakal lawan beliau saya punya keyakinan sepertinya pak Danny menang,” ujar Surya.

Comment