Survei Pilgub Sulsel, Elektabilitas Andi Sudirman Tertinggi di Survei IPI, IAS Menguntit, Danny Melemah

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Lembaga Survei Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis hasil survei terkait Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2024. Faktor sosok disebut masih menjadi penentu tertinggi bagi masyarakat dalam melabuhkan pilihan mereka di Pilkada Sulawesi Selatan.

Saat merilis hasil survei tersebut di Kedai Ayah Uq di Jalan Adhi Yaksa Baru. Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir mengatakan survei itu dilakukan tanggal 3-8 Juni 2024 dengan jumlah 1.440 responden.

“Survei ini kami lakukan dengan 1.440 responden dengan margin error 3,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen,”ujar Suwadi dalam pemaparannya, Senin 10 Juni 2024.

Hasilnya, dalam survei perorangan nama Andi Sudirman Sulaiman makin kokoh di puncak dengan perolehan suara 31,5 persen. Di urutan kedua dengan angka 14,7 persen ditempati Ilham Arif Sirajuddin. Ketiga ada nama Adnan Purichta Ichsan dengan 9,9 persen. 

“Ini survei kedua yang kami lakukan,”katanya.

Selanjutnya ada nama Fatmawati Rusdi dengan angka 8,6 persen. Disusul Indra Putri Indriani dengan angka 8 persen. Di posisi keenam ditempati Danny Pomanto dengan 6,6 persen, Andi Iwan Darmawan Aras 5,4 persen, Taufan Pawe 4,2 persen dan Andi Bau Sawa Mappanyukki dengan angka 0,5 persen.

Dalam survei ini responden yang tidak menjawab dan tidak tahu masih mencapai 10,6 persen.

Di samping survei elektabilitas perorangan, IPI juga melakukan survei simulasi pasangan.

Dalam simulasi 3 pasang calon yang pertama, yakni paslon Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi unggul jauh dengan 46,6 persen. Kedua Ilham Arief Sirajuddin-Adnan 27 persen, dan ketiga Danny Pomanto-Indira Putri Indriani 16,7 persen.

Sedangkan tidak menjawab 9,7 persen

Pada simulasi 3 pasang calon yang kedua, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi masih unggul telak dengan 47,2. Kemudian disusul Danny Pomanto-Indah Putri Indriani 19,3 persen. Dan paslon Andi Darmawan Aras-Adnan Purichta 16,4 persen. Responden yang tidak menjawab dan tidak tahu ada 17,1 persen.

“Ini belum final. Masih bisa mengejar. Tapi paling tidak dua bulan terakhir kehadiran Pak IAS cukup intens pergerakannya. Faktor lain Pak IAS dan Pak Danny berebut basis di Kota Makassar.

Sedangkan dalam simulasi 2 pasangan calon, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi melejit dengan angka 56,5 persen, sedang Danny Pomanto-Indah Putri Indriani 25,2 persen. Responden yang tidak menjawab sebesar 18,3 persen.

Comment