15 Cakada Ikuti Fit and Proper Test Partai Demokrat Sulsel Dihari Pertama

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Partai Demokrat Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai menggelar uji kelaikan dan kepatutan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Pilkada Serentak 2024.

Di hari pertama, tercatat ada 15 kandidat calon bupati maupun wakil bupati yang diuji kelayakan oleh Demokrat di Hotel Claro Makassar, Rabu 22 Mei 2024. Diketahui jumlah cakada yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan sebanyak 122 orang

Pantauan awak media, sederet figur yang ikut fit and proper test ini di antaranya, bacalon Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang atau Ombas, kandidat Pilkada Bantaeng Nurkanita Kahfi, hingga Suaib Mansur dari Luwu Utara (Lutra).

Kepala Bakomstra Demokrat Sulsel, Moch. Hasymi Ibrahim mengatakan, uji kelaikan dan kepatutan ini sebagai salah satu syarat wajib untuk mengendarai partai berlambang bintang mercy di Pilkada 2024.

“Tidak mungkin ada yang diusung tanpa melalui prosedur fit ini. Kita memang mencari yang patut dan pantas untuk diusung, sesuai slogan kita politik beradab dan solutif,” kata Moch. Hasymi kepada wartawan  di Hotel Claro.

Moch. Hasymi menyebut, tahapan ini akan diikuti 100 lebih kandidat yang telah mengembalikan formulir pendaftaran pada desk pilkada Demokrat di kabupaten-kota.

Para panelis yang menguji kandidat berasal dari internal Demokrat Sulsel. Dua di antaranya yang terlihat di lokasi adalah Wakil Ketua Demokrat Sulsel Zulkarnain Paturuni dan juga Ian Latanro.

Dari pantauan di lokasi, setiap kandidat diuji kelaikan dan kepatutannya kurang-lebih 1 jam. Penyelenggara menyiapkan 4 ruangan untuk mewawancarai kandidat.

Di hari pertama ini, Demokrat menguji bacalon bupati maupun wakil bupati dari 5 daerah yaitu, Gowa, Takalar, Toraja Utara, Bantaeng dan Luwu Utara.

“Para kandidat kita tanya tentang visi dan misinya, kemudian bagaimana komitmennya terhadap Demokrat jika nantinya diusung dan terpilih,” kata Hasmy.

Sementara itu, petahana calon bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengaku optimis akan diusung Demokrat yang punya 5 kursi di DPRD asalnya.

“Saya daftar di semua partai yang membuka pendaftaran, termasuk Demokrat. Kita harap Demokrat bisa bersama kita nantinya,” ujar Ombas, sapaan politikus Golkar itu.

Fit and proper test yang digelar Demokrat Sulsel jadwalkan berlangsung sampai 26 Mei. “Tapi kemungkinan akan lebih lama,” tandas Hasymi.

Comment