Rangkaian Pesyar Sulsel 2023, BI Luncurkan Zona KHAS Lego-Lego dan Ekspor Halal

Dalam rangkaian Pekan Ekonomi Syariah (Pesyar) 2023 yang digelar Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan sejak 20 Maret hingga 15 April 2023, meluncurkan Zona Kawasan Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) Lego-Lego, Senin, 3 April 2023, Lego-lego Kawasan Central Point of Indonesia (CPI) kota Makassar.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Dalam rangkaian Pekan Ekonomi Syariah (Pesyar) 2023 yang digelar Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan sejak 20 Maret hingga 15 April 2023, meluncurkan Zona Kawasan Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) Lego-Lego, Senin, 3 April 2023, Lego-lego Kawasan Central Point of Indonesia (CPI) kota Makassar.

Bersamaan dengan peluncuran Zona KHAS tersebut, bersama Gubernur Sulsel juga sekaligus pelepasan ekspor Halal.

Menurut Direktur Eksekutif Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana, peluncuran zona KHAS dan Pelepasan Ekspor Halal tersebut merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi Sulsel, BI dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

“Kegiatan ini menjadi wujud nyata upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawesi Selatan, juga salah satu tindak lanjut dari Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia (Fesyar KTI) sebelumnya pada tahun 2022 yang mencanangkan komitmen percepatan pengembangan Zona KHAS di Provinsi Sulawesi Selatan serta mendorong ekspor produk halal,” ungkap Causa Imam Karana.

Imam menambahkan, peluncuran zona KHAS ini juga diharapkan dapat mendorong pembentukan zona KHAS lainnya mengingat potensi pengembangan ekonomi syariah di Sulawesi Selatan yang begitu besar.

“Dengan wilayah yang luas, demografi penduduk, dan dukungan sumber daya alam membuat Sulawesi Selatan sangat potensial dalam pengembangan rantai nilai halal (halal value chain),” beber Imam.

Selain itu, masih dalam rangkaian Pesyar Sulsel 2023 juga digelar showcasing produk modest fashion pada kegiatan Trend Hijab x IN2MOTIONFEST, 7-16 April 2023 di Hotel Claro, Makassar.

Menurut Imam Causa, kegiatan showcasing produk modest fashion itu diharapkan bisa menjadi stimulus utama dalam pengembangan modest fashion muslim di Sulawesi Selatan sekaligus mendorong peningkatan kualitas dari fashion daerah agar dapat diterima dan bersaing di pasar internasional.

“Berdasarkan penilaian indikator ekonomi syariah global, Indonesia memiliki keunggulan dan menduduki peringkat ketiga dunia pada sektor modest fashion,” Jelas Imam Causa yang akrab disapa Pakci’ ini.

Rangkaian kegiatan yang ketiga adalah pelatihan pelaku usaha halal. BI bersama dengan stakeholders terkait menginisiasi pendampingan sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM, pelatihan bagi pendamping dan penyelia halal, pelatihan juru sembelih halal, dan pendampingan sertifikasi Rumah Potong Ayam (RPA).

“Semua ini dilakukan dalam rangka menjamin kehalalan produk sekaligus mendorong pengembangan rantai nilai halal yang berkelanjutan,” pungkas Imam.

Pesyar 2023 merupakan rangkaian acara menuju Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah Kawasan Timur Indonesia (Fesyar KTI) yang akan dilaksanakan pada 26 Mei 2023 di Provinsi Kalimantan Timur.(#)

Comment