Bawaslu Sulsel kumpulkan komisioner-Kasek, Samsuar Saleh: Agar Tercapai Harmonisasi Menghadapi Pilkada

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Bawaslu Sulawesi Selatan mengumpulkan komisioner dan Kepala Sekretariat 24 kabupaten/kota se- Sulsel guna memperkuat koordinasi dan komunikasi berkaitan kesekretariatan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.

“Tujuan dari kegiatan ini agar tercapainya kondisi yang harmonis antara komisioner dan kesekretariatan,” tutur Anggota Bawaslu Sulsel Samsuar Saleh dalam pertemuan Integrity Sistem Kelembangaan di Hotel Dalton Makassar, Rabu, 3 Juli 2024.

Ia menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) dengan mengundang ketua dan anggota Bawaslu se-Sulsel, serta Kepala Sekretariat (Kasek) maupun Koordinator Sekretariat (Korsek) Bawaslu 24 kabupaten kota.

Selain itu, bagaimana pola membangun hubungan antar divisi dan kesekretariatan sesuai amanah Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) nomor 3 tahun 2022 tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilihan Umum.

Pihaknya berharap, pertemuan ini dapat memberikan dukungan dari sisi administrasi serta teknis operasional kepada ketua maupun anggota Bawalsu dalam hal pertanggungjawaban pelaksanaan tugas, fungsi kerja kesekretariatan kepada ketua Bawaslu sesui tingkatan masing-masing daerah.

“Stressing (penekanannya) adalah bagaimana pola hubungan antara kesekretariatan dan komisioner Bawaslu bisa jadi lebih baik,” tutur mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa ini menekankan.

Koordinator Divisi SDMO Bawaslu Sulsel ini menambahkan, kegiatan tersebut untuk menyamakan presepsi dan menjadikan pedoman pada melaksanakan tugas pada divisi Panwaslu tingkat kecamatan dalam proses pengawasan Pilkada serentak.

Samsuar menambahkan, dalam Perbawaslu nomor tahun 2022 juga ditekankan memperbaiki dan memperkuat tata kerja dan pola hubungan pengawas Pemilu mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten kota hingga di tingkat kecamatan.

Comment