UMI Makassar Akan Gelar National Clumbing Competitions di Bulan Juli

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar akan menggelar kegiatan panjat dindiding tingkat nasional. Kegiatan itu diberi nama national clumbing competitions yang berlangsung pads 1-4 Juli mendatang.

Ketua Umum Mapala UMI Makassar Richard M Nur mengatakan, kegiatan ini merupakan legiatan kedua kalinya diadakan. Pertama tahun 2005 silam di Benteng Rotterdam dan kini tahun 2024 di kampus UMI.

“Alhamdulillah beberapa kegiatan didukung penuh pihak universitas, didukung oleh pihak kampus, didukung FPTI Sulsel, didukung FPTI Pusat dan dapat rekomendasi melaksanakan kegiatan,”ujar Richard kepada wartawan, Sabtu 1 Juni 2024.

“Ini kegiatan dianggap spektakuler karena total hadiah Rp 70 juta. Mulai pelaksanaan venue sampai hari H, kami menyediakan anggaran sampai Rp 300 jutaan,”lanjut dia.

Richard mengatakan, di kejuaraan ini Sulsel menargetkan juara 1. Adapun jumlah atlet yang ikut sebanyak 11 orang.

Sementara Ketua Panitia National Clumbing Competitions Ahmad Lubis menambahkan, hingga saat ini persiapan sudah 60 persen. Sisa menyiapkan apa yang kurang dalam perlombaan ini.

“Persiapannya sekitar 35 hari namun alhamdulillah kerja keras teman-teman dari Mapala UMI dan tim teknis, progrea sudah mencapai angka 60 persen,”tutur Sekretaris Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) ini.

Mapala UMI , lanjut Ahmad akan menurunkan tiga kategori lomba, yaitu leed umum nasional, diikuti oleh pemanjat-pemanjat nasional. kesempatan ini mendapat rekomendasi master atau diakui oleh pengurus pusat,

“Artinya pemanjat yang hadir itu mendapatkan poin dari kegiatan ini,”katanya.

Kedua kategori leed pemanjat SMA khusus untuk regional Sulawesi, itu mendapat support full dan rekomendasi dari FPTI Sulsel yang bisa memberikan rekomendasi tingkat regional.

Ketiga sticclassic untuk regional sulawesi, ini umum dilaksanakan tanggal 1 sampai 4.

“Kegiatan ini masuk dalam agenda kalender FPTI, dalam bentuk open turnamen tingkat nasional. Pendaftaranm dibuka sejak tanggal 29 Mei dan ditutup 28 Juni secara online. undangan sudah disebar melalui flayer ke semua komunitas olahraga panjat tebing,”ucapnya.

Dia berharap, jumlah pesertanya sekitar 200 sampao 300 orang, itu sudah memungkinkan dari berbagai profesi di Indonesia.

Ajang ini juga akan dijadikan try out PON bagi atlet se-Indonesia maupun atlet PON Sulsel sendiri, untuk menilai sebagaimana proses latihan mereka sejauh ini.

Comment