Bawaslu Maros Selidiki Caleg Minta Sembako Dikembalikan

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Viral di media sosial sebuah video yang menyebutkan seorang caleg dilaporkan meminta kembali sembako yang pernah dibagikan ke warga. Peristiwa yang diduga terjadi di Dusun Leko, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Moncongloe, Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu kini diselidiki Bawaslu Maros.

“Iya sementara dilakukan penelusuran karena tidak ada yang melapor,” ujar Ketua Bawaslu Maros Sufirman kepada saat dikonfirmasi awak media, Selasa 13 Februari 2024.

Sufirman mengaku sudah sudah mengantongi video dugaan caleg meminta kembali sembakonya tersebut. Pihaknya juga telah menerima informasi bahwa kejadiannya kejadian di Dusun Leko, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Moncongloe.

“Begitu informasinya,” katanya.

Dia mengaku Bawaslu akan mengecek kebenaran video tersebut dengan mendatangi lokasi kejadian. Termasuk mencari saksi dari warga yang mengetahui kejadian tersebut.

“Penelusurannya dicek kebenarannya di lokasi, apakah benar di Moncongloe, siapa warganya dan siapa calegnya dan kejadian kapan dan seterusnya,” ujar Sufirman.

Dilihat detikSulsel dalam video tersebut, tampak seorang warga mengemas sembako minyak goreng, teh celup, kopi kemasan dan gula pasir ke dalam kantong plastik berwarna hijau. Di lokasi itu tampak warga lain sambil direkam menyaksikan pengemasan sembako itu sambil berbincang.

Perekam video itu menerangkan bahwa seorang caleg meminta kembali sembako yang pernah dibagikan ke warga. Dia mengaku warga membeli sembako serupa yang pernah dibagikan untuk dikembalikan.

“Terjadi pengambilan, eh pengembalian sembako di Dusun Leko partai.. nomor urut… naminta ki sembakonya kembali. Jadi dari ki belikan sembakonya untuk dibawakan kembali yang pernah diberikan ke warga na minta kembali,” tutur pria perekam video tersebut.

Comment